Selasa, 22 Maret 2011

MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY

OLEH :
BUDIMAN, S.Pd
(FASILITATOR MGMP LESSON STUDY KAB. SUMEDANG)

PENGERTIAN LESSON STUDY
Lesson study merupakan sebuah kegiatan para guru yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas penerapan pembelajaran serta meningkatakan kualitasnya.
Lesson study bertujuan untuk mengembangkan kapasitas profesional para guru sebagai pelaksana dan pelaku pendidikan. Demi mencapai tujuan ini, kita menganalisa sebuah pelajaran secara obyektif dan membangun kapasitas pengajaran dan pembelajaran kita melalui analisa tersebut. (dr inagaki, jepang)
Lesson study bukanlah merupakan sebuah metode pengajaran, namun merupakan sebuah kegiatan bagi para guru dimana mereka merancang sebuah pembelajaran bersama-sama, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut bersama-sama, dan mengkajinya bersama-sama.

PENDEKATAN LESSON STUDY
 Pendekatan Ilmiah
 Tujuan pembelajaran yang harus disusun
 Metode pengajaran apa yang digunakan
 Alur pembelajaran bagaimana yang harus diciptakan
 Evaluasi pencapaian siswa
 Pendekatan Reflektif
 Bagaimana siswa belajar selama pembelajaran berlangsung
 Kapan siswa berhenti belajar dan mengapa
 Kapan mereka kembali ke pembelajaran dan mengapa

Pelaksanaan Lesson Study
 Plan   : membuat rencana (merancang rpp)
 Do    :  guru model mengajar, guru lain mengamati
 See   : guru merefleksi pembelajaran bersama

ISU-ISU YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM “PLAN, DO, DAN SEE”
Plan
 Miliki pengetahuan yang mendalam mengenai kandungan pembelajaran
 Bayangkan bagaimana keadaan pembelajaran yang nyata akan berlangsung
 Pertimbangkan mengenai “tugas jenis apa yang akan diberikan” atau “pertanyaan apa yang akan disampaikan kepada siswa”
 Pertimbangkan mengenai “bagaimana yang mudah dipahami siswa” atau “bagaimana yang akan sulit dipahami mereka”

Do
 Berdirilah pada posisi dimana anda dapat melihat langsung kepada wajah siswa
 Berikan perhatian pada pembelajaran siswa, lebih dari pada kepada pengajaran gurunya
 Buatlah catatan ketika anda menemukan sesuatu menyangkut pembelajaran siswa
 Anda dapat berkeliling dalam kelas untuk mengamati pembelajaran siswa secara seksama, namun jangan   sampai mengganggu.
 Jangan bercakap-cakap dengan rekan anda, jangan duduk di kursi siswa, jangan letakan barang anda di meja siswa, jangan merokok, jangan bersandar di tembok
 Jangan membantu siswa ketika menemui kesulitan

See
 Berikan komentar mengenai pembelajaran siswa dengan deskripsi atau bukti realita yang ada
 Jangan menyerang atau menjatuhkan guru yang melakukan pembelajaran secara pribadi
 
LESSON STUDY BERBASIS MGMP
Mata Pelajaran : semua mata pelajaran
Peserta : seluruh anggota mgmp
Fasilitator :
 Memoderisasi diskusi pada sesi perencanaan dan refleksi
 Menyediakan dukungan teknis dan memberikan pengetahuan tambahan kepada guru
 Berkoordinasi dengan pihak lain
Moderator :
 Mengambil rekaman, membuat catatan pada saat diskusi atau refleksi
Peran Kepala Sekolah :
 Memastikan bahwa guru-guru dapat memgikuti kegiatan mgmp
 Mengambil bagian pada tahap observasi dan refleksi
Peran Dinas :
 Mendanai kegiatan mgmp secara berkelanjutan
 Secara berkala memantau dan memberikan dukungan bagi kegiatan mgmp dari segi teknis dan administrasi

LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH
Mata Pelajaran : semua mata pelajaran
Peserta : semua guru di sekolah tsb
Fasilitator :
 Memiliki pengetahuan tentang kandungan pelajaran yang kuat
 Kapasitas pedagogik yang kuat
 Kemampuan fasilitasi diskusi
Peran Kepala Sekolah :
 Memulai dan mengarakan lesson study di sekolah
 Menyesuaikan kalender pendidikan dan jadual sekolah
 Mengambil bagian dalam kegiatan lesson study
 Mendorong para guru untuk menerapkan dan melaksanakan apa yang telah mereka dapatkan dari ls
 Penjadualan : minimal 1 bulan sekali
 Penunjukan guru model : semua guru secara bergilir

2 komentar:

MA Plus Al Munir mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
MA Plus Al Munir mengatakan...

bagus

Posting Komentar