Minggu, 20 Maret 2011

EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Oleh :
Budiman, S.Pd


A. Pengertian Evaluasi
1. Evaluation maybe defined as a systematic process of determining the extent to which instructional
    objectives are achieved by pupils. (Gronlund, 1976)
2. Evaluation is determination of the congruence between performace and objectives. (Lechman, 1984).
3. Pengukuran (measurement) adalah membandingkan sesuatu dengan suatu ukuran tertentu
4. Penilaian (value/judgment) adalah mengambil suatu keputusan terhadap suatu ukuran tertentu 
    (baik-buruk, lulus-tidak lulus, dsb)
5. Evaluasi adalah deskripsi kuantitatif (pengukuran) dan deskripsi kualitatif (penilaian)

B. Fungsi Evaluasi
1. Alat Seleksi (misalnya penyaringan siswa)
2. Alat Pengukur Keberhasilan (misalnya keberhasilan pembelajaran)
3. Alat Penempatan (misalnya penjurusan)
4. Alat Diagnostik (misalnya mendeteksi kesulitan belajar siswa)

C. Kedudukan dan Objek Evaluasi
1. Evaluasi harus komprehensif (dilakukan sebelum, selama, dan setelah pembelajaran)
2. Objek Evaluasi
    a. Masukan (kemampuan, kepribadian, sikap, intelegensi)
    b. Proses (kegiatan pembelajaran)
    c. Keluaran (lulusan)

D. Alat Evaluasi
    1. Taksonomi Bloom
        a. C1 (pengetahuan)
        b. C2 (pemahaman)
        c. C3 (penerapan)
        d. C4 (analisis)
        e. C5 (sintesis)
        f.  C6 (evaluasi)
2. Jenis Alat Evaluasi
    a. Tes
        (i) Tes tertulis
        (ii) Tes lisan
        (iii) Tes perb uatan
              *) Tes buatan guru-tes terstandar
    b. Non-tes:
        (i) Angket (tertutup-terbuka, langsung-tak langsung)
        (ii) Wawancara
        (iii) Observasi
        (iv) Jurnal

3. Tes
    a. Tujuan Tes
        (i) Tes kecepatan
        (ii) Tes kemampuan
        (iii) Tes pencapaian
        (iv) Tes kemajuan belajar
        (v) Tes diagnostik
        (vi) Tes formatif
        (vii) Tes sumatif
    b. Tipe dan Bentuk Tes
        (i) Tes tipe subjektif (misalnya uraian)
        (ii) Tes tipe objektif (misalnya B-S, pilihan ganda-biasa/kompleks, menjodohkan, hubungan antar hal,
             tinjauan kasus)


E. Kualifikasi Evaluasi
     Alat evaluasi yang berkualitas harus memenuhi syarat:
     1. Valid
     2. Reliabel
     3. Mempunyai daya pembeda
     4. Memperhatikan indeks kesukaran
     5. Objektif (option yang efektif)
     6. Praktis

F.  Pengolahan Alat Evaluasi
     1. Pengertian
         a. Bobot (bilangan yang dikenakan pada soal berdasarkan usaha siswa)
         b. Skor (bobot untuk suatu butir soal, masih ”mentah”, tidak dapat diinterpretasikan)
         c. Nilai (hasil pengolahan skor, berupa bilangan atau huruf, pengambilan keputusan)
     2. Acuan Penilaian
         a. PAP (Penilaian Acuan Patokan)
         b. PAN (Penilaian Acuan Normatif)
         c. PAPAN (Kombinasi PAP dan PAN)

0 komentar:

Posting Komentar